Wednesday, August 11, 2010

Samoan Dance


Yang selalu saya ingat, kalau kita sedang menyaksikan show 'Tarian Samoa' jangan sekali-sekali duduk dideretan paling depan. Kenapa? Karena para penari akan meminta partisipasi pengunjung yang paling depan untuk menari bersama dengan cara mengikuti gaya dari si penari.

photo from Roderick Eime/travography.com

Tari Samoa merupakan salah satu budaya dimana tradisi ini mencerminkan kontak antara budaya Samoa dengan budaya lainnya dari Timur maupun Barat. Sedangkan musik Samoa telah mengadopsi gitar dan alat musik lainnya sebagai pengiring tarian. Tidak disangka pengaruh dari Rap pun sangat terdeteksi, walaupun demikian gaya, gerakan dan pakaian tradisional tetap digunakan agar tidak mengubah sedikitpun budaya mereka.

photo by author

Tarian tradisional Samoa disebut Taualuga, yang artinya melompat. Tidak seperti beberapa Kepulauan Pasifik lainnya, penari Samoa dalam tariannya menggunakan rok dari rumput-rumputan atau dedaunan. Tetapi dalam beberapa kasus, wanita akan menggunakan tikar yang terbuat dari pandanus juga memakai kalung atau anklets yang dirangkai dari daun. Tarian Samoa biasanya menggambarkan kehidupan sehari-hari.

photo from http://www.samoa.co.uk/ascc-matamb-hawaii.html

Untuk melihat tarian Samoa ini biasanya kita dapat menemukannya diakhir pekan disebagian hotel-hotel besar atau dikafe yang menyediakan program budaya tersebut. Juga biasanya terdapat hidangan tradisional Samoa yang dihidangkan secara buffet. Jadi bagi teman-teman yang akan berkunjung ke Samoa jangan lewatkan acara fiafia ini.

Ada berbagai jenis tarian yang dilakukan oleh individu maupun kelompok baik duduk atau berdiri.

Siva adalah kata Samoa untuk menari, tetapi juga mengacu pada jenis tari tertentu dimana penari biasanya berdiri dan menggambarkan kegiatan sehari-hari. Untuk siva penari biasanya memakai tuiga, topi yang terbuat dari bulu dan rambut manusia.


photo from http://ericandmariah.blogspot.com/2008/02/samoa.html

Taualuga, tarian ini gerakan dan gayanya hampir mirip dengan siva. Tetapi dilakukan oleh wanita yang terdiri dari kelompok. Hiasan kepala dari bunga pun terlihat cantik dari penari.

Sasa merupakan tarian kelompok untuk pria dan wanita, dilakukan secara berdiri dan duduk. Gerakan tanganpun menggambarkan kegiatan yang diambil dari kehidupan sehari-hari.

photo from bvaction.com

No comments:

Post a Comment