Saturday, June 5, 2010

Samoa nan indah ...


Samoa? Dimana sih Samoa? Dekat Afrika ya? ... Pertanyaan-pertanyaan itulah yang sering didengar apabila pertama kali kita mendengar kata Samoa. Sayapun begitu, awal dengar bahwa akan pindah ke Samoa, langsung diam sejenak dan bertanya dimana yaa Samoa?



Samoa adalah sebuah negara kepulauan di Samudera Pasifik bagian selatan yang terletak diantara New Zealand dan Hawaii. Dua pulau utamanya adalah Upolu dan salah satu pulau terbesar di Polynesia yaitu Savai’i. Negara yang berpopulasi tidak lebih dari 180.000 penduduk ini merupakan jajahan Jerman yang kemudian diambil alih oleh New Zealand dan menjadi independent pada tahun 1962. Karena Samoa sangat dekat dengan garis khatulistiwa, temperaturnya sangat tinggi dan begitu pula nilai kelembabannya. Temperatur sehari-hari sekitar 26-27 derajat celcius. Kalau lagi musim panas bisa mencapai 34 derajat celcius, sedangkan kelembaban bisa mencapai lebih dari 90%.



map by www.geographicguide.net


Sudah 1 tahun lebih saya tinggal dipulau ini. Merupakan pengalaman yang sangat berharga dan menarik buat saya. Walaupun awalnya agak susah beradaptasi tapi lama-kelamaan saya dapat mengimbangi untuk tinggal di pulau kecil ini dengan kehidupan yang sangat sederhana. Apa-apa mahal karena segala sesuatunya import dari negara-negara lain. Supermarket yang masih bisa dihitung, tidak ada pusat perbelanjaan seperti mall. Tapi semua itu bukan alasan bagi saya untuk tidak terus melanjutkan perjalanan hidup ini.







Pantainya yang sangat indah, bersih, hijau dimana-mana, orang-orangnya sangat ramah dan yang lebih menarik lagi adalah culture nya mereka alias budayanya yang sangat beraneka ragam. Semua itu membuat saya menjadi kerasan tinggal dinegara kecil ini.











Salam,

A


4 comments:

  1. wow Ayu, i dont realy understand the language but pretty sure u had written details about Fale and paliament and samoa.

    great job. keep it up. Love Gemma Tomihara

    ReplyDelete
  2. Hi Gemma..

    Thanks for stopping by, yup at the moment i would like to write in Indonesian, its kind of story about my life in Samoa. I hope you could understand it..

    Kisses

    ReplyDelete
  3. Ayu, the moment yg kamu sedang alami skr ini (non Mall)kalo bisa bercocok tanam sendiri, adalah sesuatu yg ingin saya alami sauatu hari.

    ReplyDelete
  4. Mba Roos, aku sudah coba walaupun tidak mudah, ada beberapa yang berhasil ada juga yang tidak. Masih cari cara untuk menghindari si doggy yang pada iseng makan makanan tanaman saya, atau sekedar injak2. Banyak yang jadi korban dari si doggy, sebel hehehe.. eniwei terimakasih sarannya mba :)

    ReplyDelete